DIREKTORI GURU BESAR DI LINGKUNGAN KOPERTIS WILAYAH IV

 

Neni Yulianita


Gelar: Prof. Dr. Hj. Dra. MS.
Tempat, Tanggal Lahir: Cirebon, 1958-07-23
NIP/NIDN: 195807231986032002/0023075801
Pangkat, Golongan: IV/e
Program Studi, Fakultas: Ilmu Komunikasi, Universitas Islam Bandung
Email: humas@unisba.ac.id
Kepakaran: Komunikasi, Publik Relations, dan Corporate Social Responsibility.
Judul Disertasi, Tesis: -
Pengampu Mata Kuliah:1. Publik Relations
2. Pengantar Ilmu Komunikasi
3. Teori Komunikasi
4. Komunikasi Massa
5. Audit Public Relations
6. Metodologi Penelitian Komunikasi(MPK) Kualitatif
7. Personality and Leadership
8. Kapita Selekta Public Relations
9. Manajemen dan Etika Komunikasi Bisnis
10. Strategi Manajemen Reputasi
11. Marketing Politik
Riwayat Pendidikan
1.S1Universitas Padjadjaran Bandung Tahun lulus : 1983 Doktor Randa
2.S2Universitas Padjadjaran Bandung Tahun lulus : 1991 Magister of Science
3.S3Universitas Padjadjaran Bandung Tahun lulus : 2001 Doktor
Riwayat Penelitian
1.Optimalisasi Penggunaan Media Sosial Di Kalangan Profesi Public Relations Swasta Di Jawa Barat (Studi Deskriptif Analitis Pada Universitas Swasta Di Jawa Barat). Penelitian Hibah Fundamental DIKTI, Ketua Peneliti. 2014
2.Persepsi Dan Opini Publik Masyarakat Jawa Barat Terhadap Peran Kepolisian Sebagai Penegak Hukum. Hibak Penelitian Unggulan II LPPM Unisba, Ketua Peneliti.2014
3.Dinamika Tranparansi dan Budaya Badan Publik Pasca Reformasi Birokrasi(Studi tentang Good Governance dan Clean Governance Badan Publik se-Indonesia dalam Meningkatkan Kualitasnya sebagai Badan Publik Perspektif UU Keterbukaan Informasi Publik No. 14/2008). Hibah Penelitian Strategi Nasional, Anggota Peneliti.2014
4.Pengalaman Masyarakat Jawa Barat tentang Peran dan Fungsi Polantas (Studi Deskriptif Pengalamn Publik Internal dan Eksternal tentang Peran dan Fungsi Polantas di Kota Cirebon, Cianjur, dan Bandung). Hibak Penelitian Pascasarjana Unisba, Ketua Penelitian.2014
5.Persepsi Wartawan Media dalam Menjalankan Fungsi Profesionalisme Jurnalistik (Studi Kasus Pada Profesi Wartawan Media Massa di Bandung). Hibah Penelitian Pascasarjana Unisba, Anggota Peneliti.2015
6.Analisis Peran Profesi Public Relations Laki8\-laki dan Perempuan dalam Memaknai Pengalamannya ( Studi Fenomenologi pada Mereka yang pernah Berperan sebagai Profesi Public Relations di Universitas Islam Bandung). Hibah Penelitian Dosen Utama LPPM Unisba, Ketua Peneliti.2015
7.Optimalisasi Penggunaan Media Sosial di Kalangan Profesi Public Relations Universitas Swasta di Jawa Barat ( Studi Deskriptif Analitis pada Universitas Swasta di Jawa Barat). Penelitian Hibah Fundamental DIKTI Tahun-2, Ketua Peneliti.2015
8.Pengaruh Profesi Public Relations terhadap Kualitas Pelayanan kepada Stakeholders (Studi Kuantitatif melalui Pendekatan Path Alaysis di Universitas Islam Bandung). Hibah Penelitian Dosen Utama LPPM Unisba, Ketua Peneliti.2016
9.Strategi Antisipasi Penyebaran Hoax di Kalangan Dosen Universitas Islam Bandung, Hibah Penelitian Dosen Utama LPPM Unisba, Ketua Peneliti.2017
Publikasi ilmiah
1. Mencermati Praktek "Pseudo-Events" dalam Perspektif Public Relations Lingkungan dalam Buku Komunikasi Lingkungan : Manajemen, Pemberdayaan social,media dan CSR. Cetakan Pertama Tahun 2014. Penerbit : Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Islam Bandung bekerjasama dengan Buku Litera, Yogyakarta
2. "Perpesi dan Opini Publik tentang Citra Polantas Jawa Barat" dalam Proceeding Seminar Nasional Penelitian dan PKM: Sosial, Ekonomi, dan Humaniora. Volume 4, No. 1 tahun 2014. Penerbit : Pusat Penerbitan Universitas (P2U-LPPM), Bandung
3. "Pelatihan Negosiasi dan Melobi Bagi Anggota UKM untuk Menunjang Keberhasilan Usaha" dalam Proceeding Seminar Nasional Penelitian dan PKM : Sosial, Ekonomi, dan Humaniora. Volume 4, No.1 Tahun 2014. Penerbit : Pusat Penerbitan Universitas (P2U-LPPM), Bandung
4. "Dampak Reputasi Bagi Kemimpinan Indonesia" dalam Masa Depan Komunikasi, Masa Depan Indonesia : Kepemimpinan Pro Rakyat. Tahun 2014. Jakarta : Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (ISKI).
5. "Aktivitas PR Online di Perguruan Tinggi Jawa Barat" dalam Proceeding Konferesni Nasional Komunikasi Politik. Tahun 2014. Penerbit Prodi Ilmu Komunikasi Universitas Brawijaya, Malang.
6. "Optimizing the Usage of Social Media for Public Relations Profesional (Study in Three Private Universities in West Java Indonesia)". Tahun 2015. Proceedings MIPERS 2015 Malaysia-Indonesia Postgraduate Social, Economic, Scince, and Education Research Seminar. Jontly Organized by: Universitas Widyatama, Universitas Selangor, dan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia.
7. "Peran Profesi Public Relations dalam Memaknai Pengalamannya" dalam Proceeding Seminar Nasional Penelitian dan PKM: Sosial, Ekonomi, dan Humaniora, Volume 5, No.1 tahun 2015. Pusat Penerbitan Universitas (P2U-LPPM), Bandung
8. "Pendapat Pimpinan Universitas Swasta Tentang Manfaat Media Sosial Bagi Kinerja Profesi Public Relations" Tahun.2015 Jurnal Communicate. Volume I No. 1. Juli 2015 - Desember 2015. ISSN. 2477-1376. Jakarta : Universitas Jayabaya.
9. "Pendapat Pimpinan Universitas Islam Bandung Tentang Manfaat Media Sosial Bagi Kinerja Profesi Public Relations". Tahun Desember 2015. Scientica Jurnal Sosial Humaniora (Hukum, Manajemen, Psikologi, Pendidikan, Komunikasi). Volume II No.2 Desember 2015 ISSN. 2407-2001. Bandung : Universitas Islam Bandung Program Pascasarjana.
10. "The Position of Public Relations Profession at Bandung Islamic University". Tahun Februari 2016. Prosiding Pre Conference " Language and Communication". Thailand : Burapha University and Bandung Islamic University.
11. "Peluang, Tantangan, dan Solusi Public Relations dalam Konteks Gender" dalam The 1st PR Indonesia Research Summit and Awards ( PRISA) 2016 PR Indonesia Untuk Kejayaan Bangsa. Cetakan 1 Maret 2016. Jakarta : PT Media Piar Indonesia.
12. "Marketing Public Relations Perguruan Tinggi Islam Swasta: Studi Kasus di Humas Universitas Islam Bandung dan Universitas Islam Sultan Agung Semarang" dalam The 1st PR Indonesia Research Summit and Awards (PRISA) 2016 PR Indonesia Untuk Kejayaan Bangsa. Cetakan I Maret 2016. Jakarta : PT. Media Piar Indonesia.
13. "Trends of Social Media Used Public Relations Profession at Private Universities". Tahun 2016. Proceedings Contribution of Higher Education to Improve Competitiveness of Nations and The Welfare of Society. Bandung : Media Cendika Publisher.
14. "The Role of Univesities and Academics in Nutrition Problems Through Socialization and Negotiation Techniques". Tahun 2016. Proceedings Contribution of Higher Education to Improve Competitiveness of Nasions and the Welfare of Society. Bandung : Media Cendekia Publisher.
15. "Knowledge and Skills of Public Relations Profession in the Context of Gender". Tahun April 2016. E-Proceeding- 2nd International Coference on ASEAN Women Gender Mainstreaming&Public Policy. Malaysia: UUM- Unisba-UCSF-UMS-Apucen.
16. "Pengaruh Skills Public Relations Terhadap Kualitas Pelayanan `Tangibles` Kepada Stakeholders" dalam Prosiding Konferensi Nasional Komunikasi 2016: Kecerdasan Komunikasi, Sendi Kehidupan Bangsa. Cetakan ke-1, Oktober 2016. Penerbit: Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (ISKI), Jakarta Pusat.
17. "Pengaruh Knowladge Public Relations Terhadap Kualitas Pelayanan `Reliabilty`" Kepada Stakeholders dalam proceeding Seminar Nasional Penelitian dan PKM : Sosial,Ekonomi,dan Humaniora. Volume 6, No.1 Tahun 2016. Penerbit: Pusat Penerbitan Universitas (P2U-LPPM), Bandung
18. "Manfaat Media Sosial Bagi Kinerja Profesi Public Relations dalam Membina Hubungan degan Publik' dalam Proceeding International Post-Graduate Conference 2015, Manajemen dan Strategi Komunikasi. Cetakan Pertama, September 2016. Surabaya : Program Studi S2 Media dan Komunikasi, Universitas Airlangga Surabaya.
19. "Etika Bicara Baik di Media Sosial" dalam Indonesia Bicara Baik; Bunga Rampai Komunikasi dan Humas. Cetakan Pertama, November 2016. Bandung; Pelangi Mitra Sukses. ISBN: 978-602-74892-1-9
20. "Profesional Government Public Relations in Indonesia: a Review. (Dyah Rachmawati Sugiyanto, Suwandi Sumartias, Neni Yuliani ta, Lukiati Komala). Journal of Education and Social Scince, Vol. 3, (Feb) 2016. ISSN 2289-9855
Buku
1. Komunikasi Bisnis dalam Perspektif Public Relations". Cetakan ke 1 tahun 2009. 2009